ombusombus ver. 2.0

Tuesday, March 06, 2007

gurame goreng dan ...

hidup itu pengulangan dari hal yang telah terjadi sebelumnya.

nah saat kita berulang tahun, ini saat yang paling mengingatkan bahwa hidup itu berulang dari hari ke hari, dari kegiatan dan aktivitas yang terus mengalir.
keluarga gue, Gultom; selalu punya kebiasaan yang selalu berulang, kalau makan ya ke restoran yang ada ayam dan ikan gurame goreng, dengan alasan nyokap hanya suka makan ikan air tawar yang digoreng. Pernah juga dicoba untuk makan ditempat yg rada fancy begitu, tapi buntutnya balik lagi ke restoran sunda. Kalaupun mau makan cina, pasti ke Trio di Gondangdia, ini untuk peserta kurang dari 10 orang; kalau full team mesti ke restoran yang mejanya bisa di susun 5 biji.

Mengamati pengulangan itu ternyata menarik juga, dan ternyata kita bisa juga tidak merasa bosan; malah kadang kangen. Seperti kemarin makan2 di Mbok Berek dekat rumah dengan menu yang pasti itu2 juga ; ikan gurame dan ayam goreng, sayur asem dan kawan kawan. Berdoa bersama, lalu mendengar teriakan anak2 kecil yang berlarian; persis seperti tahun2 silam.. Sambil mengamati meja yang sama yang sudah mulai lapuk, anak2 yang dulu begitu kecil sekarang sudah mulai minta dibeliin majalah Gadis, dan mulai pintar berpuisi sebagai kado ulang tahun.

Ah, bukankah kita selalu kangen untuk mengulang dan tanpa sadar hal itu berulang lagi. Seperti ibunya Astrid yang selalu nongkrong di cafe (yang tidak dia suka) tertentu di Bandung, hanya karena kangen anaknya yang dulu suka mengajaknya minum kopi bersama di tempat itu. Seperti seorang yang selalu saja ingin kembali ke pantai itu, kalau melihat matahari senja yang kemerahan. Tentu bukan karena senja itu, tapi karena kenangannya.

Ah, betapa gembiranya kemarin gue, masih bisa mengalami kenangan berulang yang menjadi kenyataan. Tentu bukan karena ulang tahunnya, tapi karena puisi2 itu, teriakan anak2 kecil itu, ikan gurame goreng, melihat kerutan di wajah orang tua, obrolan gak penting bersama saudara saudara ...

tahun depan, semoga berulang lagi.

Labels:

posted by .. at 9:34 PM

2 Comments:

happy belated birthday bro!
berulang tahun, berulang juga seneng2nya, berulang juga berkatnya...
Blogger febry, at 12:04 AM  
matur suwunnn..
Blogger .., at 8:30 AM  

Add a comment