ombusombus ver. 2.0

Thursday, February 08, 2007

tabung bayi, bayi tabung

Kemarin ke KK Hospital untuk meneruskan rencana 'delivery' si Gizelle. Si Gizelle ini memang anak 'mahal', dalam hal duit dan waktu serta usaha juga. sebelum melakukan IVF ( bayi tabung), banyak juga langkah yang mesti dilakukan.

Setelah konsultasi dokter dan periksa periksa ini dan itu, baru sampai keputusan IVF tersebut, lalu lihatlah diagram disebelah tentang proses yang akan dilalui, mulai tahap self injection - ultrasound and another blood test - subcut puregon - scan egg development - maturing eggs recovery - preparation oocytes for fertilization - sperm preparation for fertilize the eggs - embrio transfer - freeze sperm - another ultrasound... yang semuanya mengambil waktu 1,5 bulan untuk preparationnya saja.

Dan untuk mendaftar dibutuhkan waktu 4 bulan untuk menunggu schedule yang diperoleh untuk tindakan tersebut. sebelum itu masih ada konsultasi psikologis dan beberapa test lainnya.

Tapi hal yang menyenangkan adalah semua dijelaskan diawal dengan gamblang dan jelas, sehingga bisa mengerti setiap kemungkinan dan resikonya.

Menarik juga menikmati proses ini. Buat gue sih diterima dan dinikmati aja, memang anak gadis pertama selalu memiliki kemanjaan yang agak ekstra. Oke lah, Gizelle.. awas nanti kalo sudah datang, aku kasih makan banyak biar gendut.
posted by .. at 5:50 PM

0 Comments:

Add a comment