ombusombus ver. 2.0

Saturday, September 02, 2006

dagang pertama di singapore


hi hi hi hi.. kocak juga nih.. bisnis pertama di negeri orang.

SAFRA TanahMerah Country Club Flea Market; entah gimana mulainya, udah 2 hari nih ikutan Flea Market di Tanah Merah. Berbekal 2 koper besar dari Jakarta isi baju anak2, jepitan rambut sampe ban renang ( overweight di bandara dan harus di cek di customs segala ).. mulai deh coba coba jualan di negeri orang.

Ria lagi main piano di gereja, jadi gue nih yang jagain tokonya. Lucu aje, ada bapak2 jualan baju renang sama jepitan rambut. Barusan ada ibu2 liat2 baju, mungkin dia bingung kali kok bapak2 yang jualan.. akhirnya pergi tanpa membeli. :). Padahal, hari ini harga udah diturun2in.. everything is $10.. jepitan $2.. udah 2 jam jualan, alhamdulilah jualan laku 1 jepitan = $2.

Kemaren dagangan diitung2 laku $142.5 .. kalo diliat untungnya bisa 100%. Menjanjikan banget nih bisnis.. software aja cuman untung 30%.. gue jadi mikir, apa mending beralih aja jadi jualan jepitan ya ?..

Namanya juga country club, gak terlalu banyak orang.. tempatnya exclusive dan gak banyak traffic orang seperti di mall or di jalanan. Next time, kalo buka beginian di tempat yang orangnya banyakan pasti banyak juga dapetnya.

So, the good things of making this business are : (1) Makin tau berharganya duit. Untuk dapetin $2 aja mesti nyengir2 sampe gigi kering. (2) Belajar humble dan senyum. Mana mungkin ada customer dateng kalo muke lo sepet. (3) Belajar conversation bahasa inggris gratis. Maklum gak ada customer yg bisa bahasa indon. (4) Belajar senyum dengan nyengir lebih lebar lagi. Barusan ada orang india nyari baju renang, dan gue merasa senyum gue kurang lebar, jadi doi gak jadi beli. (5) Bikin sense of business makin tajem. Gue jadi bisa ngerasain mana yg bisa dijual, apa yg dimauin customer, ngadepin tipe2 customer yang bermacam macam.

Oh btw, ini Flea market infrastructurenya canggih abis. Gue bisa dagang sambil browsing dengan kecepatan wireless connection 54Mbps!!!! 5 kali lebih cepet dari pada di Simei.
So, dagangan belum laku.. gue bisa tetep email dan chating ngurusin bisnis software $200,000 .. not bad at all.

btw lagi, di depan gue.. ada ibu2 cina jualan mainan anak2 1 dolaran.. sambil nunggu dagangan ngebaca buku " The Magic of Thinking BIG".. wah .. wah.. semakin membuat gue sadar.. betapa sesuatu yang besar selalu dimulai dengan hal yang kecil.. dan walaupun melakukan hal yang (keliatan) kecil, tapi tetaplah berpikir BESAR..

ayo semua saudara2, mulailah berbisnis. Jangan pada di rumah aja, termenung dengan alasan nungguin Modal. :)

Modal is in your head! in your heart! Start now! We never know tommorow is still there. Lets do it even if its small. Resiko terbesar, barang gak laku. Tapi pengalaman akan membuat otak jalan, kenapa gak laku? apa yg bisa dilakukan untuk lebih baik ? and we just develop our self by having different experience everyday. Who knows eh dagangan laku, we got more dollars.. and more dollars.. so you can go everywhere.. or helps your family and friends.

- dagang itu seru!-
posted by .. at 10:16 PM

1 Comments:

wah seruuuuuu
dagang di negri orang! semoga laris manis!!
Anonymous Anonymous, at 2:09 AM  

Add a comment