ombusombus ver. 2.0

Thursday, June 15, 2006

Smart way to complain

alkisah, seteleh sakit seminggu dan pengen refreshing ke luar setelah membaik, pergi shopping-lah saya. ke PIM 2, minggu lalu sama adek, terus belanja di ZARA.

pas mbayar di kasir, si mas-nya (aku inget bgt mas itu...) dengan ramahnya mbingangin aku, "Slip-nya disimpan ya mba. Nanti kalo ada apa2 barangnya bisa dituker....".
Hm, nice service, I think. Ramah, dan after care atiitude yang baik. That's ZARA. Good quality products followed with good service (including after care).

edodoeeeee..... ternyata, besokannya aku pake baju baru yang aku beli itu, baru ngeh kalo ada kesalahan jahit. Mamah dan adek yang ngeliat aku pake baju itu, dan ngasih tau kalo itu aneh jahitannya. Ya gpp, aku nggak begitu ambil pusing, kan katanya bisa dituker kalo bawa slipnya. Untung aku tetep nyimpen slipnya.

Kemaren ada urusan ke Pondon Indah, jadi sekalian mampir deh ke PIM buat nukerin tu baju. First, nemuin satu mas-mas (satu kok plural??) yang ada di shop floor. Terus, dimulailah....

Feb (F) : Mas, saya hari sabtu lalu beli ini di sini, ternyata ini-nya begini nih mas... Katanya kalo slip-nya disimpan bisa diganti, bisa minta tolong diproses?
*dengan senyum, tunjukkan bahwa kami percaya anda bisa melayani dengan baik. nggak marah2*

Zara staff (Z) : Oh......... i..ni, udah pernah dicuci bu?

F : Belum (suer!). Saya pake sekali, terus saya dikasi tau ibu saya yang lihat, kayaknya kok jahitan ini aneh... jadi saya ke sini hari ini. Baru sempet ke sini hari ini mas. Bisa kan ya diganti?
*tetap ramah dan senyum*

Z : Oh. Tunggu sebentar ya bu.

terus dia menghilang ntah ke mana.... mgkn sih ke stock room, atau diskusi sama staff lain, etc.
aku sih lihat2 barang aja muter2 di shop sembari si mas-mas itu menghilang....
nggak lama, mas-mas ini dateng.

Z : Ibu, mmmm, maaf, kami nggak bisa ganti ini.

F : Lho? Ada apa? *sabar*

Z : Mmmmm, kalo seperti ini tidak bisa bu. Terus tadi ibu bilang katanya udah dipake sekali. Jadi kita gak bisa ganti ini.

F : Iya, memang saya pake sekali, dan karena saya pake ini saya jadi dikasih tau kalo ada part yang rusak.

Z : Iya... tetapi..... ini tetap tidak bisa bu.

F : Aduh, padahal saya senang dengan produk di sini, service juga selama ini baik, jadi kalo kali ini jadinya seperti ini, saya kecewa sekali ya.
*utarakan bahwa kami sangat suka produk anda dan merupakan customer yang penting (karena sering beli), dan.... tetap tenang, jangan emosi*

Z : iya... tetapi....

F : Tidak bisa diganti dengan barang lain?
*it doesn't mean aku ngerasa rugi dengan tidak ada ganti rugi. Hanya mengharapkan after care yang baik atas customer yang lagi problem. Biar image-ku ttg ZARA juga nggak memburuk*

Z : mmmmm tunggu sebentar ya bu.

Terus si mas-mas ini menghilang lagi. Kali ini aku lihat dia ke stock room.
Lalu kembali lagi.

Z : Maaf ibu... kami tetap tidak bisa mengganti dengan barang lain.

F : Kenapa?

Z : Karena... ini.... sudah tidak ada tag (harga)-nya, dan sudah terlalu lama dari pembelian...

F : Kalau memang ada syarat2 seperti itu, please let me know. Kalau saya dikasih tau "Tolong disimpan sli-nya supaya kalau ada apa2 bisa diganti...", dan nggak ada penjelasan lain, ya bagaimana saya bisa tahu? *sedikit emosional*

Z : Iya... tapi ibu kan juga tadi bilang katanya ini sudah pernah dipakai, jadi nggak bisa...

F : Baju2 di sini juga kan semuanya bisa di-fitting sebelumnya bukan? Berarti semua baju2 di sini juga pernah dipakai minimal sekali. Itu bukan alasan, mas.

Z : Iya.... tapi.... kami tetap tidak bisa guarantee barang ini.

F : Jadi, bagaimana saya seharusnya untuk bisa diganti barang ini?

Dia nyebutin kalo harus disertakan dengan tag harganya, selain slip pembelian, dan dalam waktu 6 hari setelah pembelian.
Hm, gue kesal.

F : Ya sudah, kalau begitu... *dengan tenang tapi wajah kecewa*
terus aku pergi aja ninggalin si staff itu manyun...

Terus aku nggak langsung pulang, tapi mbelok dulu ke kasir. Terus, tetap dengan smileeeee.... nanya ke mba kasirnya (di samping ada mas kasir).

F : Boleh minta shop-card? (I mean, kayak restoran gitu, kartu nama toko, kali aja ada).

Zara cashier staff (Zc) : Mmm shop-card?

F : Iya, misalnya kartu toko yang mencantumkan nomer telp dll... office address... Kalau saya mau bicara dengan management bisa menghubungi mana? *senyum*

Zc : maksud ibu.... mau rental baju untuk misalnya pemotretan, ada manager-nya yang in charge...

F : Oh bukan...

Zc : Keperluan ibu?

F : Hmm... claim? *senyum lebar*

Zc : Oh... kalau claim... ke shop-nya aja langsung... *wajah panik minta bantuan mas kasir sebelahnya*

F : Iiya, ini saya lagi ke shop-nya. Dan nggak ada tanggapannya. Hmmmm siapa nama floor manager di sini mba?


Zc : e... mmmm.... I... Ibu Christine.

F : Ibu CHRISTINE ya. *konfirmasi jelas*

Zc : iya

F : Okay, terima kasih..... *pergi meninggalkan Zara sambil senyum lebar*

Paling nggak, bolehlah mereka dapat a little bit punishment dengan merasa panik, "Duuuh jangan2 tar diaduin nih ke Ibu Christine...". Padahal sih nggak. Ngapain juga.

Hhhhh...... Nggak bermaksud buruk dan jahat sama sekali sih, tapi kok kayaknya mereka perlu di-training lebih baik. Aku juga nggak bermaksud beneran menghubungi Ibu Christine itu dan mengutarakan claim-ku benera. Nggak. Tapi paling nggak dengan "acting" begitu kan mreka akan panik. Dan mudah-mudahan mereka belajar untuk improve service behavior mereka lebih baik. Dan mudah-mudahan lagi.... nggak ada customer lain yang akan merasa kecewa kayak aku kali ini.

Baik kan niat aku....???? Bukan BorTob yang tukang komplen lho kali ini.

Aku memberi judul peristiwa ini, sebagai "Smart way to complain". Iya nggak ya?

feb-

posted by febry at 7:06 PM

2 Comments:

perlu gue samperin gak nih si ibu christine ???
rese bener.. gue bakar aja nih tokonya ??
Perlu dipanggilin FPI apa FBR sekalian ???
*&&^%%!!!@@@@.... jualan baju aja sombong pisan.. huh!

Gak usah belanja di Zara lagi, di Singapore juga isinya cuman Pembokat Philipine doang.. pantes pegawainya cuman sanggup ngelayanin kelas Pembokat ( yang gak bisa complain )..

ayo mulai biasakan belanja di Massimo Dutti... :)
Anonymous Anonymous, at 8:11 AM  
Massimo Dutti yeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Anonymous Anonymous, at 7:10 PM  

Add a comment